Pelaksanaan Adat Istiadat Nagari Pandai Sikek

           Minangkabau sebagai kesatuan Adat dan Budaya mempunyai keistimewaan sendiri sampai sekarang yang masih dipegang teguh oleh masyarakat walaupun hidup di perantauan. Minangkabau terbagi atas 3 Luhak, yaitu:
1. Luhak Tanah Datar.( Luhak Nan Tuo)
2. Luhak Agam.
3. Luhak Limo Puluah Koto.
           Nagari Pandai Sikek termasuk Luhak Nan Tuo dan telah mempunyai sejarah yang panjang tetapi bedasarkan cerita dari mulut ke mulut, tak adaa yang tertulis. Menurut ketentuan Adat Minang kabau, adat dibagi 4 golongan:

1. Adat Nan Sabana Adat: Yaitu Adat nan indak lakang dek paneh, tak lapuak dek hujan yaitu Aturan Dasar dan Falsafah Hidup orang Minangkabau seperti: Adat yang bersendikan syarak, silsilah keturunan menurut garis ibu(Matrilineal) perkawinan harus diluar suku, harta pusaka tinggi, turun ke kemenakan, hiup bersuku-suku.

2. Adat Yang Diadatkan yaitu Peraturan suatu nagari yang diambil dengan Mufakat atau kebiasaan yang sudah berlaku umum disuatu nagari misalnya tata cara pengangkata  panghulu, upacara perkawinan yang sumbernya Cupak Nan Duo yaitu Cupak Usali dan Cupak Buatan dan kato nan apkek yaitu Kato Pusako, Kato Mufakat, kato Dahulu Batapati dan Kato Kamudian dan Kato Bacari.

3. Adat Yang Teradat yaitu kebiasaan masyarakat dalam suatu nagari yang sesuai dengan Alue Jo Patuik, bisa berobah sesuai dengan perkembangan zaman, kata pepatah:"Adat Sapanjang Jalan, Cupak Sapanjang BatuangDimanSumue Digali, Disitu Ratiang DipatahDimano Nagari Dihuni, Disitu Adat Dipakai"

4. Adat Istiadat Yaitu aneka kelaziman suatu nagari seperti tata cara pergaulan dan kebiasaan yang telah berlaku disuatu Nagari. Pada umumnya masyarakat memahami kegiatan seni dan budaya seperti: pasambahan, Gurindam, Saluang, Saluang, Randai, Shalawat, tari dan lain-lain. Seperti  pepatah.
"Sakali Aie Gadang, Sakali Tapian Barubah"

"haji Miskin pahlawan agamo
sejarah nan indak namuah hilang
gigiah manantang panjajahan Bulando
pandai Sikek Badiri jo Adaiknyo, adaik lamo pusako usang
anak nagari aman santoso"

Nak uang Baruah pai Barandai, Anak uang Tanjuang pai manari
duduak balingka di Pagu Pagu, maniru uang Koto Tinggi
adaik lamo kok dipakai, Bumi sanang padi maupiah
taangkek martabat pangulu, manjadi tuah dalam nagari"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar